Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sambutan

Penerbitan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan menjadi awal dimulainya era pendataan yang lebih terstruktur, massif, dan berkualitas. Kegiatan pendataan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah terintegrasi menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen yang mencakup tiga entitas pendidikan jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB.

Saat ini, Dapodikdasmen telah digunakan sebagai basis data untuk program-program unggulan Kemendikbud seperti Bantuan Operasional Sekolah, penyaluran tunjangan guru, Program Indonesia Pintar, Ujian Nasional, Akreditasi Sekolah dan program bantuan ke sekolah. Diharapkan dengan kualitas data yang semakin meningkat maka pemanfaatan Dapodikdasmen juga semakin luas baik di pusat maupun di daerah.

Apresiasi kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dan berkontribusi dalam upaya pemutakhiran data pada Dapodikdasmen sehingga pencapaian kualitas data semakin meningkat. Dukungan dan peran aktif semua pihak akan terus dibutuhkan seiring perkembangan kebutuhan data dan implementasi Dapodikdasmen.


Jakarta, Juli 2019

PLT Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah



Didik Suhardi, Ph.D

expand_less