Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Troubleshooting Tarik Peserta Didik

  • Diposkan Oleh : Admin
  • |
  • Tanggal : 24 Agustus 2017

Pertanyaan: Bagi Peserta Didik Kleas X, apakah diisikan secara manual atau memanfaatkan fitur Tarik Peserta Didik?

Jawaban : Pengisian Peserta Didik baru lebih efektif memanfaatkan tarik PD dengan melihat kevalidan datanya (nama PD, TTL, NISN, dan nama ibu) , jika data valid lanjut tarik PD. Jika data tidak valid dengan adanya kesalahan perbaiki datanya melalui vervalpd. Hal ini penting dilakukan agar ada kesinambungan data siswa dari jenjang sebelumnya. Kecuali peserta didik dari MI/MTs harus diisikan secara manual.

Pertanyaan : Apa yang harus dilakukan jika sudah melakukan konfirmasi tarik Peserta Didik, namun belum juga turun ke aplikasi Lokal? apakah harus melakukan entri manual juga?

Jawaban: Jika sudah melakukan tarik Peserta Didik, tidak diperbolehkan melakukan entri manual yang berakibat data ganda. Jika terpaksa harus entri manual dikarenakan blm masuk ke aplikasi lebih baik batalkan tarik Peserta Didik terlebih dahulu dengan syarat masih tampil datanya

Pertanyaan: Bagaimana solusi jika pada saat Tarik PD terdapat data yang hilang atau tidak masuk ke dalam aplikasi ?

Jawaban: Tarik Peserta Didik lebih baik sedikit demi sedikit, untuk menghindari data yang hilang selama syncronisasi yang kemungkinan dikarenakan jaringan yang tidak stabil. Sebelum syncronisasi jangan lupa Klik tombol Konfirmasi terlebih dahulu. Tips nya adalah setelah tarik Peserta Didik lakukan sync, jangan mengumpulkan hasil tarik Peserta Didik terlalu banyak tapi lakukan sync setelah tarik secara bertahap.

 

Kontributor :

Tim Dapodik



Bagikan troubleshoot:

expand_less